Penghasilan Meningkat, Kehidupan Keluarga Ratih Kini Semakin Sejahtera

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PONOROGO, Cendana News – Desa Badegan di kabupaten Ponorogo Jawa Timur, menjadi salah satu potret keberhasilan program pemberdayaan yang dijalankan Yayasan Damandiri di berbagai daerah sejak beberapa tahun terakhir.

Yayasan bentukan Presiden Kedua RI HM Soeharto ini sukses menggerakkan perekonomian desa, lewat pemberdayaan di sektor pariwisata, dengan merevitalisasi kawasan Bukit Soeharto menjadi objek wisata ramai pengunjung.

Selain mampu membuka lapangan kerja baru, adanya objek wisata Bukit Soeharto ini juga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Pasalnya tak sedikit warga yang kini membuka usaha di Jalan Nasional Ponorogo-Wonogiri ini.

Salah seorang warga yang merasakan dampak langsung program Yayasan Damandiri tersebut adalah Ratih Diana Wati (30). Warga dusun Badegan ini mengaku bisa mendapatkan pemasukan tambahan dengan berjualan aneka minuman ringan.

“Saya mulai berjualan sejak Bukit Soeharto ini dibuka sekitar tahun 2020 lalu. Saya berjualan aneka minuman ringan seperti air mineral, teh botol, minuman bersoda dll untuk wisatawan. Alhamdulillah hasilnya lumayan,” ungkapnya.

Dari hasil berdagang minuman di kawasan Bukit Soeharto itu, Ratih mengaku bisa membantu suaminya mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari. Pasalnya sebelum berjualan, ia hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa yang bekerja sambilan sebagai penjaga rumah sakit.

“Sekarang pekerjaan utama saya ya berdagang disini,” bebernya.

Dengan peningkatan pendapatan yang dimilikinya, Ratih menyebut kini kehidupan keluarganya semakin bertambah baik dan lebih sejahtera. Ia pun berharap agar Yayasan Damandiri yang didirikan Presiden HM Soeharto dapat terus eksis, dan tak henti memberdayakan warga desa melalui berbagai program yang dijalankan.

Lihat juga...