Sampah di Kabupaten Bekasi Capai 2.800 Ton Perhari, TPA Burenagkeng Overload

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI, Cendana News – Permasalahan sampah di Kabupaten Bekasi masih menjadi sorotan, setelah tumpukan hingga lebih dari 300 meter terjadi komplek elit Metland Cibitung.

Kondisi tersebut kian memprihatinkan, karena produksi sampah terus meningkat sementara tempat pembuangan akhir (TPA) Burangkeng hanya mampu menampung 700-800 ton per harinya.

“Jumlah sampah di Kabupaten 2.800 ton per harinya, rumusannya dari KLHK satu orang menghasilkan sampah 0,7 kilogram per hariJadi jangan heran jika ke Kabupaten Bekasi melihat titik sampah terjadi di berbagai tempat. Karena yang tidak tertampung di TPA Burangkeng menjadi titik sampah liar seperti di kali sampai ke laut,” tegas Yopi, kepada UPTD 3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Minggu (29/5/2022).

Tak hanya itu, lanjut Yopi mengatakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berada di Kabupaten Bekasi pernah melakukan pengecekan dari pesisir Pantai Jakarta hingga ke Karawang. Diketahui wilayah pesisir banyak telah terjadi abrasi, namun akibat sampah membuat bibit mangrove tidak tumbuh.

Lihat juga...