Tokoh Masyarakat Dusun Dowaluh Apresiasi Program Mulia Yayasan Damandiri

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA, Cendana News – Keberadaan program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) yang dijalankan Yayasan Damandiri di Desa Trirenggo Bantul, sejak 5 tahun terakhir, diakui mampu memberikan manfaat nyata bagi warga sekitar.

Salah satu contoh program pemberdayaan tersebut adalah pemberian akses modal usaha pada warga miskin/kurang mampu. Dimana program ini selama ini dijalankan Yayasan Damandiri melalui unit ‘Modal Kita’ Koperasi Gemah Ripah Trirenggo.

Hal tersebut diungkapkan salah seorang tokoh masyarakat di wilayah Padukuhan Dowaluh, desa Trirenggo, yang juga merupakan ketua Kelompok Unit “Modal Kita” Maju Lancar, Saptono, kepada Cendananews.

Menurut Saptono, sejak adanya program pinjaman modal usaha dari Yayasan Damandiri tersebut, warga di dusunnya kini tak perlu lagi mengandalkan pinjaman pada rentenir. Selain itu warga juga bisa mulai merintis usaha kecil-kecilan dengan memanfaatkan pinjaman modal koperasi.

“Sejak awal, program pinjaman modal usaha dari Yayasan Damandiri ini saya lihat tujuannya sangat mulia. Yakni untuk membantu warga miskin dalam merintis usaha. Tentu kita masyarakat Dowaluh sangat mengapresiasi upaya Yayasan Damandiri ini,” katanya.

Dijelaskan Saptono, di wilayah padukuhan Dowaluh sendiri terdapat sedikitnya 2 kelompok unit “Modal Kita” yang berisi masing-masing sebanyak 80-an anggota. Biasanya dalam satu kelompok unit Modal Kita itu, terbagi lagi dalam 5-6 sub kelompok yang berisi sebanyak 10-15 anggota.

Lihat juga...