Formula E Jakarta, Kemenhub Siapkan Skema Lalin Arus Barang di Tanjung Priok

“Koordinasi itu bertujuan menyiapkan pengendalian dan monitoring pengoperasian kendaraan truk angkutan barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok; mendorong peningkatan keselamatan dan keamanan khususnya pengoperasian truk di dalam pelabuhan; mendorong peningkatan kinerja layanan pelabuhan; memberikan petunjuk kepada BUP dan Terminal Operator terkait antisipasi kelancaran arus barang dari dan ke luar Pelabuhan Tanjung Priok,” ungkapnya.

Adapun langkah antisipasi tersebut diantaranya pertama, agar pihak terminal operator dapat menjaga dan memastikan system pelayanan terminal khususnya gate berjalan normal dan terkendali selama event berlangsung.

Kedua, menjaga arus barang tetap landai dengan mengalihkan closing time ke waktu yang tidak bersamaan dengan event Formula E mulai Sabtu, 4 Juni 2022 pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB untuk mengurangi jumlah kendaraan truk yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Ketiga, untuk muatan impor pada proses receiving dan PLP diminta melakukan pengaturan setelah event selesai untuk mengurangi jumlah kendaraan keluar Pelabuhan. Selanjutnya keempat, mensiagakan personil yang cukup untuk pengendalian kemacetan selama event berlangsung.

Kelima, melaksanakan Contingency plan yang telah dibuat untuk mengantisipasi kemacetan dan memastikan personil jaga memahaminya. Kemudian keenam, selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dalam mensikapi perkembangan lalu lintas melalui saluran komunikasi yang ditentukan.

“Selain itu, asosiasi pelayaran yakni INSA dan ISAA agar menginformasikan kepada Shipping Line MLO, keagenan kapal jika memungkinkan dapat mengatur jadwal kapal sehingga closing time tidak bertepatan sama dengan event dan memberikan relaksasi keterlambatan jika terjadi kemacetan,” ujarnya.

Lihat juga...