ITS-APEDI Perluas Kerja Sama Industri Desa

SURABAYA, Cendana News – Perkembangan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) di Indonesia terus digalakkan oleh pemerintah guna membantu percepatan berkembang dan majunya desa.

Melihat hal tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama Asosiasi Pengusaha Desa Indonesia (APEDI) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat ITS, Rabu (15/6/2022).

Melatarbelakangi perjanjian tersebut, kegiatan ini dilakukan untuk mencapai tujuan DUDI dengan pengupayaan secara masif dan intensif memperkuat jaringan baik secara internal maupun eksternal.

Secara internal, APEDI terus meningkatkan kinerja pengurus baik di tingkat daerah maupun nasional. Sedangkan secara eksternal terus berupaya menggandeng mitra kerja dengan pihak-pihak terkait, salah satunya ITS.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD menyambut dengan baik inisiasi kerja sama industri desa.

Pada dasarnya, menurut Bambang, industri desa ini memiliki potensi sangat besar dan menarik, tidak kalah dengan kota. “Hanya saja komunitas dan kesempatan belum sebaik di perkotaan,” ucapnya, seperti disadur dari InfoPublik.

Melalui kegiatan ini, Bambang menyampaikan kepada APEDI untuk terus bersinergi dengan para pemodal dan bersama-sama membantu percepatan pembangunan desa guna menunjang percepatan tumbuhnya ekonomi desa.

“Terlebih, sesuai dengan permintaan APEDI yang berkaitan erat dengan kinerja teknologi dan inovasi industri desa oleh ITS,” jelasnya.

Terkait hal tersebut, dosen Departemen Teknik Mesin ini menyebutkan kerja sama perkembangan teknologi dan inovasi yang akan diterapkan pada industri desa nantinya dilaksanakan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki ITS.

Seperti pada Pusat Agri Pangan dan Bioteknologi, Pusat Kajian Teknologi Tepat Guna, Pusat Sustainable Development Goals (SDGs), hingga Pusat Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PPDPM) yang dinilai sejalan dengan APEDI.