Kementerian BUMN Dukung Penciptaan Lapangan Kerja di Dalam dan Luar Negeri

JAKARTA, Cendana News – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Kementerian BUMN) dipastikan terus mendukung berbagai upaya penciptaan lapangan kerja baik di dalam dan luar negeri, termasuk para pekerja migran Indonesia (PMI) yang akan bekerja ke luar negeri.

Menteri BUMN, Erick Thohir, menjelaskan dukungan yang bisa dilakukan terhadap PMI adalah dari sisi pembiayaan oleh BUMN sektor perbankan agar mereka tidak terjebak lintah darat.

“Sejak awal, saya dengan Pak Benny memberikan dorongan, pendanaan dengan BNI daripada terjebak lintah darat yang Pak Benny bilang mafia, lalu juga ketika pulang mereka sudah terdaftar di data bank sehingga mereka bisa usaha sendiri nanti,” ujar Menteri BUMN dalam keterangan tertulisnya terkait acara pelepasan 285 PMI ke Korea Selatan (Korsel) bersama Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani, di Jakarta, seperti dimuat InfoPublik, Selasa (7/6/2022).

Menurut Menteri Erick, hingga saat ini PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI telah membuka rekening khusus senilai Rp1,1 triliun untuk 181 ribu PMI.

Selain itu BNI telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KU) Rp816 miliar kepada 45 ribu PMI sejak 2015, yang membuat bank plat merah ini berkontribusi atas 95 persen penyaluran KUR nasional PMI.

Tak hanya itu, lanjutnya, BUMN, melalui PT Angkasa Pura II dan Garuda Indonesia, juga memberikan kemudahan dan kenyamanan dengan menyediakan PMI Lounge sebagai jalur cepat keimigrasian khusus bagi para PMI serta menyediakan penerbangan tambahan khusus untuk memfasilitasi penerbangan mereka ke Korsel.

Lihat juga...