Terima Kunjungan Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Tutut Soeharto Ungkap Kebiasaan Pak Harto

JAKARTA, Cendana News – Kediaman Siti Hardijanti Rukmana atau akrab disapa Mbak Tutut Soeharto kedatangan tamu dari Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Kamis (30/6/2022). Dari pertemuan tersebut, putri Presiden kedua RI mengungkap beberapa kebiasaan Pak Harto.

Mbak Tutut mengatakan, kebiasaan Pak Harto di kala pagi yakni bangun antara pukul 04.30 dan pukul 05.00. Setelah sembahyang Subuh biasanya bapak minum kopi dan kemudian membaca koran yang sudah ada di meja.

“Bapak biasanya pagi atau sore hari, minum kopi ditemani dengan pisang rebus, ubi jalar rebus, jagung rebus. Pagi itu ngopi sekaligus baca koran,” terang Mbak Tutut.

Mbak Tutut Soeharto saat menerima tamu dari Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Kamis (30/6/2022) memperlihatan makanan yang biasa dimakan oleh Pak Harto. Foto: CendanaNews

Dari informasi di koran, Pak Harto mengikuti semua kejadian yang tertera dalam bacaan itu, dan bisa dimaklumi betapa besar perhatiannya pada tulisan mengenai pembangunan, mengenai perkembangan hidup di desa. Kabar-kabar mengenai keadaan di kampung-kampung yang jauh menjadi ukuran, seberapa jauh sudah dilaksanakannya pembangunan.

Disebutkan Mbak Tutut, usai menikmati kopi di pagi hari, Pak Harto berangkat kerja untuk menyelesaikan urusan kenegaraan, termasuk memeriksa surat-surat yang masuk, yang tidak selesai, akan dibawa pulang untuk diperiksa.

“Kalau malam-malam, bapak mengecek surat-surat dan memberikan disposisi. Kalau tidak selesai malam, akan dilanjutkan pagi hari sebelum berangkat. Jadi surat yang masuk hari itu harus selesai dan keluar sama bapak,” terang Mbak Tutut.

Lihat juga...