Dorong Produksi, Pemkab Sleman Gelar Lomba Tanam Cabai

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA, Cendana News – Upaya meningkatkan ketahanan pangan khususnya komoditas cabai, Pemerintah kabupaten Sleman menyelenggarakan Lomba Tanam Cabai Bupati Cup 2022 bertempat di Dusun Gamol, Balecatur, Gamping pada Selasa (05/07/2022).

Inisiatif ini dilakukan sebagai salah satu langkah nyata dalam meningkatkan kesejahteraan kelompok tani. Sekaligus meningkatkan motivasi masyarakat dalam menanam, mengelola, serta memasarkan komooditas cabai secara mandiri.

“Industri pangan menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat, hal ini bisa terlihat seperti saat pandemi kemarin. Dengan adanya lomba ini, semoga bisa memulihkan kembali perekonomian dan bisa menjadi motivasi masyarakat, khususnya di Kabupaten Sleman,” ujar Camat Gamping, Sardjono.

Sementara itu, salah seorang peserta lomba, Ketua Kelompok Tani Wanita Kenanga, Sumiyati menyebutkan, kelompoknya telah memulai proses penanaman sejak 15 Maret lalu.

Hingga saat ini, mereka telah melakukan panen sebanyak 8 kali dan menghasilkan 90 kg. Selain penanaman cabai, mereka juga memanfaatkan lahan pertanian dengan budidaya anggrek serta ikan.

Lihat juga...