Hamparan Sampah Kembali Menghiasi Kali Bekasi Srengseng Hilir

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI, Cendana News – Hamparan sampah kembali menghiasi kali Bekasi Srengseng Hilir, tepatnya di Kampung Galian Kapling, Desa Sukakerta, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (22/7/2022).

Tumpukan sampah yang memanjang tersebut diperkirakan mencapai 3 kilometeran. Didominasi styrofoam, sampah rumah tangga juga plastik yang terbawa arus dari hulu ke hilir.

“Sampah terpantau langsung saat kami melakukan susur sungai, sampai sekarang belum diangkut. Kami berharap ada tindakan tegas dari Pemkab Bekasi,” ujar Ahmad Ajad Ketua KPA Ranting kepada Cendana News.

Dikatakan bahwa sebagai pegiat lingkungan hidup, tidak bosan mengingatkan agar ada perhatian serius dari pemerintah daerah terkait pengelolaan sampah yang terjadi di Kota Bekasi. Seremoni dan pembentukan organisasi yang fokus pada lingkungan terus dilakukan, tapi tidak memberi dampak apapun.

Menurutnya, tim PGR bersama KPA Ranting dan ENGOH Bekasi sebelumnya telah melakukan susur sungai mulai dari Bendung Kali Cikarang sampe Warung Satu/Blokang, sejauh 6 kilometer. Hal itu dilaksanakan bersamaan dengan kunjungan Pj Bupati Bekasi Ke Muara Gembong.

“Saat susur sungai itu hampir sepanjang jalur dipenuhi tumpukan sampah liar. Begitu pun di bantaran kali dipenuhi bangunan liar dan jembatan liar. Penyerobotan bantaran kali sudah tidak bisa terhindarkan,” ucap Ajad mengaku miris.

Bahkan imbuhnya tanggul yang dibangun untuk bantaran kali saat normalisasi kali Cikarang tahun lalu, sudah tak terlihat dengan jelas.

Lihat juga...