Presiden Soeharto: Tidak Ada Gunanya Teknologi Tinggi, Jika Jutaan Rakyat Menganggur

SENIN, 18 JULI 1977, Presiden kedua RI, HM Soeharto saat memberikan sambutan pada pembukaan Kongres Sela Ketiga Himpunan Ilmu Pengetahuan Pasifik di Bali (18/7/1977) menekankan pentingnya ‘teknologi tepat guna’.

Presiden Soeharto menyebutkan, ilmu pengetahuan dan teknologi telah mempercepat dan memberi jalan pintas kepada manusia untuk lebih cepat memperbaiki mutu kehidupannya.

Dalam kekaguman kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi itu, apabila direnungkan sedalam-dalamnya, maka kita segera akan sadar bahwa kedua-duanya bukannya tidak membawa persoalan yang perlu kita pikirkan sedalam-dalamnya.

“Kemajuan teknologi itu –lebih-lebih yang digunakan secara semena-mena– dapat membawa cepat habisnya kekayaan alam yang tidak tergantikan,” sebut Pak Harto.

Selain itu, kemajuan teknologi juga menimbulkan akibat samping yang mencemaskan, ialah kemungkinan kecemaran lingkungan dan kecemaran rohani.

“Acapkali terasa oleh kita bahwa kemajuan teknologi itu dapat memerosotkan martabat manusia, yang kadang-kadang malahan menurunkan derajat manusia hampir sama dengan mesin belaka,” terang Pak Harto.

Lihat juga...