Bank Indonesia : Desain Uang Baru Semakin Sulit Dipalsukan

PEKANBARU, Cendana News – Uang rupiah kertas baru tahun emisi 2022 (Uang TE 2022) resmi diluncurkan. peluncuran uang baru ini menjadi wujud komitmen Bank Indonesia untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya untuk masyarakat Indonesia.

Kepala BI Riau, Muhamad Nur di Gedung Daerah Provinsi Riau, Kamis pagi, mengatakan, peluncuran uang baru tersebut sesuai dengan amanat dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang yang mengatur mengenai kewenangan Bank Indonesia dalam melakukan pengelolaan Uang Rupiah yang meliputi perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan, serta pemusnahan Uang Rupiah.

“Berdasarkan evaluasi dan masukan dari semua pihak, BI memandang perlu untuk dilakukan penguatan terhadap uang yang beredar, yaitu dengan mengeluarkan uang rupiah kertas baru tahun emisi 2022,” kata Nur, seperti dimuat web resmi pemprov.

Peluncuran uang baru ini, lanjut Nur juga mempertimbangkan tiga aspek inovasi, yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

“Desain warna lebih tajam agar semakin dikenali, unsur pengaman lebih andal, semakin sulit dipalsukan, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik. Ini yang menjadi dasar Bank Indoneisa untuk meningkatkan keandalannya dalam menyediakan uang rupiah,” jelasnya.

Untuk diketahui, Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp.10.000, Rp5.000, Rp.2000, dan Rp.1000, dengan telaah visual setiap pecahan Uang TE 2022 dalam rincian berikut.

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Lihat juga...