HUT RI, Warga Padukuhan ini Gelar Kirab dan Upacara Bendera Berbahasa Jawa

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA Cendana News — Sejumlah warga padukuhan Jingin XIII, Margomulyo, Seyegan, Sleman, memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 dengan menggelar upacara bendera berbahasa jawa serta kirab budaya Rabu (17/8/2022).

Sejumlah warga mulai dari orang tua, remaja hingga anak-anak selokah SD, nampak turut andil memeriahkan hari kemerdekaan ini dengan menampilkan potensi kesenian dan keterampilan masing-masing.

Salah seorang panitia acara dari Kelompok Karangruna Padukuhan Jingin XII, Parsudi mengatakan, acara kirab budaya serta upacara bendera ini diadakan sebagai upaya melestarikan dan mengenalkan budaya kepada generasi muda.

Menurut Parsudi, penggunaan bahasa Jawa dalam kegiatan upacara ini sengaja dilakukan guna meningkatkan rasa cinta dan nasionalisme

“Acara ini diikuti masyarakat dari enam wilayah RT. Termasuk sejumlah kelompok pelajar dari SD Muhammadiyah Kasuran Jingin, sebanyak 65 orang, ” katanya.

Masing-masing kelompok kirab dari Padukuhan Jingin XII sendiri nampak antusias menampilkan identitas budayanya masing-masing.

Lihat juga...