Koperasi Amanah Galunggung Mandiri Dorong Warga Maksimalkan Sektor Peternakan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

TASIKMALAYA, Cendana News – Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, Cilampunghilir, Tasikmalaya, Jawa Barat berupaya mendorong warganya untuk mengembangkan usaha di sektor peternakan.

Hal tersebut dilakukan mengingat, selain memiliki potensi luar biasa di sektor pertanian, desa Cilampunghilir yang terletak di lereng gunung Galunggung selama ini, juga dikenal memiliki potensi besar di sektor peternakan.

Terlebih semenjak pandemi Covid-19 selama beberapa tahun terakhir, tak sedikit warga desa Cilampunghilir yang sebelumnya tinggal dan bekerja di kota, kini harus pulang kampung ke desa. Akibat mereka tak lagi bisa bekerja, baik karena PHK, usahanya gulung tikar dan sebagainya.

“Karena itu kita mencoba mendorong dan memberdayakan mereka untuk memulai usaha di sektor peternakan. Tentu dengan berkolaborasi dengan kelompok-kelompok ternak yang sudah ada,” kata Manager umum Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, Yana Taufik Ismail.

Yana mengatakan, pengembangan usaha di sektor peternakan ini rencananya akan dilakukan untuk sejumlah komoditas. Mulai dari usaha ternak ayam petelur, bebek pedaging maupun budidaya kambing dan domba.

“Kebetulan kita sudah ada lahan yang cukup luas dan bisa dimanfaatkan untuk usaha peternakan ini,” imbuhnya.

Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, saat ini mengaku tengah berkoordinasi dengan pihak Yayasan Damandiri maupun Koperasi Bangun Sejahtera Mandiri (KBSM) selaku pendamping terkait realisasi rencana tersebut.

“Untuk domba rencana kita akan mulai dengan 100 ekor. Dijalankan oleh kelompok dengan sistem bagi hasil. Nanti akan ada 10 kelompok. 1 kelompok terdiri dari 2 orang. Masing-masing kelompok itu akan diberikan 10 ekor domba untuk dibudidayakan,” katanya.

Lihat juga...