Merawat Kearifan Lokal Melalui Sedekah Bumi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG, Cendana News – Ratusan masyarakat Dusun Gunung Goci, Desa Ruguk, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan menggelar sedekah bumi, Minggu (7/8/2022).

Wagiman Sunoto, sesepuh dusun setempat menyebutkan, kearifan lokal sedekah bumi dipertahankan warga selama turun temurun. Sehari sebelum pelaksanaan warga melakukan gotong royong mempersiapkan hajat rutin tahunan tersebut.

Sedekah bumi digelar rutin pada tanggal 10 Muharam. Pada pagi, warga melakukan penyembelihan satu ekor kambing sebagai rasa syukur atas tahun terlewat dan tahun baru yang akan dijalani.

Warga sebut Wagiman Sunoto menyiapkan hasil bumi berupa padi, jagung, kelapa dan beragam hasil pertanian.

“Ungkapan rasa syukur ditandai dengan doa bersama, kenduri melalui penyiapan tumpeng dan beragam sedekah dari masyarakat, lalu dilakukan makan bersama,” terang Wagiman Sunoto saat dikonfirmasi Cendana News.

Digelar pada balai dusun setempat, kenduri, makan bersama menjadi simbol eratnya hubungan antar warga. Sebagai negara Pancasila, tradisi dengan ritual sedekah bumi jadi rasa syukur kepada ibu pertiwi.

Masyarakat melalui sedekah bumi memohon berkah untuk hasil pertanian pada masa tanam yang sedang berlangsung hingga berikutnya. Bagi masyarakat, harapan diberi kesehatan, dijauhkan dari bahaya dan selalu mendapatkan berkah.

Rangkaian sedekah bumi tersebut sekaligus untuk mengingatkan generasi muda pentingnya menjaga bumi. Ibu pertiwi yang merawat bumi dengan melakukan pengolahan lahan untuk kebutuhan hidup.

Lihat juga...