PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Lakukan penyesuaian Tarif, Begini Skemanya

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI, Cendana News – PDAM Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi, mulai menerapkan penyesuaian tarif bagi pelanggan berdasarkan klasifikasi golongan.

“Penyesuaian tarif dimaksud untuk memenuhi prinsip keadilan dan pengendalian penggunaan air dan mulai diberlakukan untuk pelanggan mulai pemakaian September atau pembayaran pada Oktober 2022, ” ungkap Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Usep Rahman Salim, dalam giat sosialisasi di Cikarang, Rabu (31/8/2022).

Dikatakan, penyesuaian tarif dimaksud menyesuaikan dengan kondisi sosial pelanggan serta luasan jangkauan pelayanan dan pemulihan biaya.

Menurutnya selama ini PDAM Tirta Bhagasasi belum ada bantuan Pemerintah Daerah baik Pemkot Bekasi maupun Pemkab Bekasi dalam hal bantuan penyertaan modal untuk memaksimalkan layanan pelanggan.

Kebaikan tarif tersebut berdasarkan keputusan bersama Bupati Bekasi dan Wali Kota Bekasi nomor HK 02.02/Kep 386-rek/2022 dan nomor 539/Kepber 02-EK/VIII/2022 “Tentang Tarif Air Minum Rumah Tangga Mewah dan Tarif Progresif di Wilayah Pelayanan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi” tertanggal 15 Agustus 2022.

Dia menegaskan, penyesuaian tarif ini hanya untuk kalangan perumahan mewah saja bukan untuk golongan 1A dan 1B dan golongan niaga dan instansi pemerintah.

“Reklasifikasi penyesuaian tarif pelanggan rumah tangga besar menjadi rumah tangga mewah, seperti Perumahan Kemang Pratama, Villa Taman Kartini, dan perumahan real estate lainnya itu akan ada penyesuaian tarif,” ucap Usep di hadapan puluhan awak media dalam acara Sosialiasi Penyesuaian Tarif Atas Reklasifikasi Golongan Pelanggan.

Pemberlakuan ini, kata dia, nanti akan bertahap dari target tersebut diatas. Pada September 10 persen. Oktober 30 persen November 40 persen, dan Desember 20 persen.

Atas tarif disesuaikan untuk menjadi penerimaan yang diterima tahun ini adalah sebesar 80 persen.  Untuk wilayah Jababeka, Grand Wisata serta Grand Cikarang City (GCC), akan diberlakukan penyesuaian tarif Januari 2023.

Lihat juga...