109 warga Bekasi daftar calon anggota Panwascam

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

KOTA BEKASI, Cendana News – Badan Pengawas Pemilu (Bawasklu) Kota Bekasi, Jawa Barat, membuka perekrutan anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) tingkat kecamatan dalam tahapan Pemilihan Umum 2024.

Hingga Senin 26 September 2022 sudah mencapai 109 pendaftar. Untuk batas waktu pendaftaran berkas dibuka hingga besok, 27 September.

“Dari 12 Kecamatan jumlah peminat dari wilayah Jatisampurna sangat rendah dibandingkan wilayah lainnya di Kota Bekasi. Tertinggi pendaftaran berasal dari wilayah utara,” ungkap Khairunnisa, Senin (26/9/2022).

Dikatakan bahwa Bawaslu Kota Bekasi hanya membuka peluang untuk 36 calon panwaslu yang akan ditempatkan pada 12 kecamatan. Setiap kecamatan akan diisi tiga Panwascam.

Menurut Kak Nong, sapaan akrab Ketua Bawaslu Kota Bekasi itu, untuk ketersediaan jumlah calon perempuan yang ikut seleksi Panwascam telah terpenuhi.

“Sampai hari ini jumlah pendaftar calon Panwaslu sudah mencapai 109 orang dengan rincian 74 pria dan 35 perempuan, sesuai aturan perundang-undangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa besok pendaftaran terakhir. Setelah itu akan dilakukan tahapan lanjutan berupa pengecekan kelengkapan berkas pendaftaran administrasi dan diumumkan.

“Nanti ada waktu masyarakat untuk melakukan penilaian kepada pendaftar yang telah dinyatakan lolos administrasi untuk dicek, apakah anggota partai politik dan lainnya,” jelasnya.

Untuk itu masyarakat diminta ikut mengawasi dalam melakukan penilaian. Jika calon yang dinyatakan lolos ternyata jadi pengurus partai maka diminta untuk melakukan sanggahan.

“Warga nanti bisa melaporkan jika Panwascam yang dinyatakan lolos administrasi tes tertulis dan lainnya ternyata jadi pengurus Parpol. Atau mereka dulu anggota Parpol tertentu dan belum setahun mengundurkan diri,” pungkasnya.

Lihat juga...