11-9-1991, Presiden Soeharto Resmikan 10 proyek pembangunan di Sulawesi Utara

RABU, 11 SEPTEMBER 1991 Sore, di Manado, Presiden Soeharto meresmikan 10 proyek pembangunan di Provinsi Sulawesi Utara.

Peresmian itu dipusatkan dalam suatu upacara di kawasan wisata Tasik Ria, Manado.

Kesepuluh proyek itu adalah kawasan wisata Tasik Ria, Manado Beach Hotel, Jalan Manado pantai sepanjang 3,8 kilometer, gedung Kantor Gubernur, pusat budidaya dan agro industri mutiara, pabrik airminum Pasifik, pabrik pengolahan kayu, pabrik pengalengan ikan, pabrik karbon aktif, dan pabrik air minum Aqua. Investasi yang diperlukan untuk membangun keseluruhan proyek tersebut adalah Rp162,67 miliar.

Dalam sambutannya pada peristiwa itu, Presiden Soeharto mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi di daerah ini cukup besar. Demikian pula daerah-daerah lain di Indonesia bagian timur.

Prasarana dan sarana perhubungan masih harus dibangun lebih banyak lagi, tenaga terampil masih harus di didik dan dana yang dapat dikerahkan juga masih harus ditingkatkan.

Semua itu justru merupakan tantangan yang harus kita atasi dengan penuh semangat dan gairah. Inilah modal utama kita untuk menghadapi tantangan-tantangan pembangunan di masa-masa yang akan datang.

[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 21 Maret 1988 – 11 Maret 1993”, hal 456-457. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: Nazaruddin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003

Lihat juga...