Gandeng Dinas Koperasi, KUD SHS Mandiri Krambilsawit berencana gelar pelatihan Jasa Penagihan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA, Cendana News — Bekerjasama dengan Dinas Koperasi setempat, Koperasi binaan Yayasan Damandiri, KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul mengaku berencana mengelar pelatihan jasa penagihan bagi pengurus koperasi.

Pelatihan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan pengurus koperasi dalam melakukan penagihan tunggakan angsuran bulanan di kalangan anggota yang mengalami persoalan kredit macet.

Sebagai lembaga keuangan yang berbasis pada asas kekeluargaan, proses penagihan di setiap koperasi diharapkan tidak dilakukan dengan unsur paksaan, melainkan dengan pendekatan secara personal.

“Kemarin kita sudah bicara dengan Sekretaris Dinas Koperasi terkait pelatihan jasa penagihan. Harapannya kita bisa menggelar pelatihan ini,” kata Manager Umum KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Antono Putra.

Ia mengatakan, pelatihan semacam ini diperlukan Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit, mengingat pihaknya sampai saat ini masih kesulitan dalam melakukan penagihan tunggakan bagi anggota yang mengalami kredit macet.

Selain karena mayoritas anggota yang menunggak di desa Krambilsawit masih terdampak pandemi Covid-19, proses penagihan di KUD SHS Mandiri Krambilsawit selama ini juga masih dilakukan secara konvensional.

“Sampai saat ini kita masih fokus memaksimalkan upaya penagihan tunggakan angsuran sejumlah anggota yang mengalami kredit macet. Sehingga rencana koperasi untuk menjalankan usaha di sektor produksi masih belum bisa terlaksana,” katanya.

Antono menargetkan, dengan adanya pelatihan ini dihadiri proses penagihan tunggakan anggota dapat segera rampung pada triwulan ketiga, sehingga rencana operasional usaha produksi koperasi, salah satunya budidaya magot BSF dapat segera dimulai.

Lihat juga...