KPK tetapkan empat tersangka korupsi proyek infrastruktur di Mamberamo

JAKARTA, Cendana News – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan empat tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi terkait penerimaan hadiah atau janji oleh penyelenggara negara atau yang mewakilinya, dari pelaksanaan berbagai proyek pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mamberamo Tengah, Provinsi Papua.

Keempat tersangka tersebut yakni RHP Bupati Mamberamo Tengah periode 2013-2018 dan periode 2018-2023; SP Pihak Swasta/Direktur Utama PT BKR; JPP Pihak Swasta/Direktur PT BAP; serta MT Pihak Swasta/Direktur PT SSM.

Menurut keterangan tertulis yang dimuat Infopublik, Rabu (14/9/2022), KPK selanjutnya melakukan penahanan terhadap Tersangka SM dan JPP untuk 20 hari pertama sejak 8 sampai 27 September 2022. Penahanan dilakukan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Dalam perkara ini Tersangka SP, JPP, dan MT diduga melakukan pendekatan dan penawaran sejumlah uang kepada RHP agar memenangkannya dalam beberapa paket pekerjaan di Pemkab Mamberamo Tengah. RHP sepakat dan bersedia lalu memerintahkan pejabat pada Dinas Pekerjaan Umum mengkondisikan proyek yang anggarannya besar diberikan kepada SP, JPP dan MT.

Lihat juga...