KUD Pesantunan Berencana Bangun Demplot Pertanian Organik

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Manager Umum KUD Berkah Damandiri Pesantunan Slamet Abdurokhman. Foto: Jatmika H Kusmargana

BREBES Cendana News — Sebagai upaya mengatasi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia, Koperasi binaan Yayasan Damandiri KUD Berkah Damandiri Pesantunan, berencana membangun demplot pertanian organik di desa Pesantunan Wanasari Brebes Jawa Tengah.

Lewat demplot inilah para petani bawang merah di wilayah desa Pesantunan dan sekitarnya diharapkan bisa mulai kembali belajar mengenal dan mempraktekkan sistem pertanian organik ,yang dinilai lebih ramah lingkungan serta berbiaya rendah.

Manager Umum KUD Berkah Damandiri Pesantunan Slamet Abdurokhman, mengungkapkan rasa keprihatinannya melihat situasi dan kondisi petani saat ini. Dimana setiap kali musim tanam, para petani harus mengeluarkan biaya produksi cukup besar untuk bisa menggarap lahan pertanian mereka.

Hal itu tak lepas karena mayoritas petani di wilayah Brebes sudah sangat tergantung pada berbagai produk kimia seperti pupuk maupun pestisida. Sementara setiap tahun, berbagai kebutuhan pupuk maupun pestisida kimia tersebut diketahui terus mengalami kenaikan harga signifikan.

“Mayoritas warga di desa Pesantunan ini berprofesi sebagai petani. Hampir semuanya sangat tergantung dengan pupuk kimia pabrikan. Bisa dibilang tidak ada lagi petani yang menggunakan pupuk organik seperti kotoran ternak. Akibatnya biaya produksi menjadi sangat mahal,” ungkapnya.

Lihat juga...