UMBY Masuk 10 Besar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Yogyakarta

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA, Cendana News — Didirikan oleh adik kandung presiden kedua RI HM Soeharto, yakni Probosutedjo pada 1986 silam, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) terus mengalami perkembangan pesat dan semakin mengukuhkan diri menjadi salah satu universitas terkemuka di Yogyakarta.

Selain mengalami peningkatan jumlah mahasiswa secara signifikan setiap tahunnya, UMBY saat ini juga tercatat menempati posisi 13 universitas terbaik di Yogyakarta.

Hal tersebut dikemukakan Rektor UMBY, Dr Agus Slamet STP MP, di sela acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2022/2023 di kampus III Condongcatur, Sleman, Rabu (07/09/2022).

“UMBY saat ini menempati posisi 13 universitas terbaik di Yogyakarta. Dimana dari jumlah itu 4 universitas merupakan universitas negeri. Sehingga untuk kategori perguruan tinggi swasta, UMBY masuk dalam jajaran 10 besar kampus terbaik,” ungkapnya kepada Cendananews.

Memiliki enam fakultas, serta 16 program studi unggulan, sebanyak tujuh prodi UMBY tercatat telah memiliki akreditasi A atau sangat baik dari BAN-PT. Sementara sisanya memiliki akreditasi B atau baik. Dengan capaian inilah, UMBY kini semakin diminati oleh mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kita bersyukur kepercayaan masyarakat terhadap UMBY semakin meningkat. Terbukti dari kenaikan jumlah mahasiswa setiap tahun. Pada tahun ini tercatat ada 2497 mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKKMB. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 2.200 mahasiswa,” ungkapnya.

Digelar secara luring atau tatap muka untuk pertama kalinya sejak masa Pandemi Covid-19, kegiatan PKKMB UMBY tahun ajaran 2022/2023 ini berlangsung semarak. Sejumlah pembicara hadir untuk memberikan bekal serta arahan bagi seluruh mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Lihat juga...