2 Oktober 1965 [I], surat Pak Harto kepada Bung Karno

OLEH NOOR JOHAN NUH * penulis buku dan bergiat di forum Yayasan Kajian Citra Bangsa (YKCB) Jakarta

Juga dibicarakan mengenai larangan bergerak bagi pasukan-pasukan yang diberitakan dalam koran-koran yang terbit tanggal 2 Oktober 1965. Larangan bergerak bagi pasukan berarti Mayor Jenderal Soeharto harus menghentikan gerakan operasi penumpasan kudeta Gerakan 30 September, termasuk gerakan pasukan mencari jenazah para jenderal Angkatan Darat yang belum diketahui keberadaannya pada saat itu.

Mayor Jenderal Soeharto harus menghentikan semua gerakan operasi dan sebagai orang yang tidak berhak memimpin Angkatan Darat maka ia dapat dianggap sebagai pihak yang menentang Presiden Soekarno. Melakukan insubordinansi kepada Panglima Tertinggi.

Dikarenakan kurang aman di Senayan, pada siang hari markas darurat Kostrad pindah lagi ke kom-pleks Pusat Pendidikan Departemen Sosial yang terletak di tepi kebun karet di Kelurahan Gandaria Selatan. Kompleks itu sekarang terletak di pertigaan Jalan Radio Dalam dan Jalan Haji Nawi.

Kepindahan markas darurat Kostrad ke Senayan kemudian pindah lagi ke kompleks Pusat Pendidikan Departemen Sosial di Jalan Haji Nawi, karena informasi markas Kostrad akan diserang. Seperi sudah disebut di atas, kepindahan markas ini agak janggal bahkan naif karena; jika AURI akan menyerang markas Kostrad maka dengan menggunakan data intelijen, dengan sangat mudah mengetahui kepindahan tersebut. Berdasarkan data intelijen itu pilot AURI dengan mudah pula dapat membom markas Kostrad. Hal ini terjadi sebagai gambaran betapa panik para pihak pada waktu itu.

Selain membahas berita koran yang terbit pagi itu (2 Oktober) tentang pimpinan Angkatan Darat langsung ditangan Presiden, juga dibahas jika Mayor Jenderal Pranoto Reksosamudro sampai dilantik menjadi pimpinan harian Angkatan Darat yang selanjutnya menduduki Markas Besar Angkatan Darat (MBAD). Dibahas juga jika sampai Presiden Soekarno tidak memberi jabatan apapun pada Mayor Jenderal Soeharto.

Lihat juga...