PPJI sebut perlunya sinergitas percepat inovasi industri jasaboga

Admin

YOGYAKARTA, Cendana News – Ketua Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI), Iden Gobel mengatakan sinergitas menjadi hal penting untuk mempercepat inovasi industri jasaboga.

Karenanya, Bersinergi untuk Percepatan Inovasi Jasabgoga menjadi tema dalam rakernas PPJI yang berlangsung di Yogyakarta selama tiga hari, hingga Jumat (7/10/2022).

Ketua PPJI Iden Gobel mengatakan, bahwa tema tersebut menjadi penting karena saat ini para pelaku industri jasaboga dituntut untuk bisa beradaptasi terhadap perkembangan yang terjadi.

Dia mengatakan, kondisi pandemi yang mulai terkendali, dan situasi ekonomi yang mulai pulih memerlukan sinergisitas untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi para pelaku usaha.

“Tantangan ke depan memang semakin berat, namun harus selalu optimis dalam menjalaninya,” ujar Iden dikutip dari laman slemankab, Rabu (5/10/2022).

Menurut Iden, dari berbagai data menunjukkan kondisi pascapandemi di Indonesia mulai membaik.

Untuk sektor wisata, pada Juli 2021 wisman di Indonesia berjumlah 7.342 orang. Sementara pada Juli 2022 sebanyak 476.970 wisman datang berkunjung ke Indonesia.

Ada peningkatan hingga 6396 persen, yang menunjukkan kondisi pererkomonian sudah mulai bangkit.

“Dan, dari kondisi tersebut ada kesempatan bagi UMKM menggarap wisatawan mancanegara untuk belanja makanan maupun oleh-oleh,” kata Iden.

Hal lain yang memperlihatkan peningkatan kondisi pascapandemi adalah trafik yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta.

Dia mengungkapkan, bahwa menurut BPS Soekarno-Hatta menjadi bandara dengan urutan trafik tertinggi ketiga di dunia setelah Dubai dan Tokyo.

Hal tersebut menurut Iden menjadi peluang yang sangat baik untuk pengembangan wisata kuliner di Indonesia.

Lihat juga...