Bantul kerja sama budi daya ikan lele untuk penuhi kebutuhan

Admin

YOGYAKARTA, Cendana News – Kebutuhan ikan lele di Bantul mencapai tujuh ton per hari, sementara kabupaten tersebut baru bisa menyuplai satu ton.

Dengan kemampuan produksi ikan lele yang masih rendah itu kabupaten Bantul harus memenuhi kekurangannya dari luar daerah.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bantul melakukan berbagai upaya peningkatan produksi ikan lele. Salah satunya dengan menjalin kerja sama.

Kerja sama budi daya lele dilakukan antara Dinas Kelautan dan Perikanan dengan Budi Daya Omah Lele.

Dalam kerja sama tersebut sebanyak 270 kolam lele terbentuk dan setiap kolamnya berisi 6.000 ribu ekor lele.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Budi Daya, Kristanto Kurniawan, mengatakan kerja sama tersebut untuk mendukung peningkatan produksi lele di Kabupaten Bantul.

“Dan, nantinya juga bisa meningkatkan ketahanan pangan,” katanya dikutip dari laman bantulkab, Jumat (4/11/2022).

Dia mengatakan, bahwa kerja sama tersebut juga untuk meningkatkan ketersediaan lele berkualitas. Dan, sarana edumina wisata tempat belajar budi daya ikan, terutama lele.

Kristanto Kurniawan menyampaikan hal tersebut saat panen lele perdana di Balai Budi Daya Ikan Lele Pundong, Bantul, pekan ini.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih yang turut dalam aara itu mengatakan, kerja sama produksi lele menjadi penting dan merupakan salah satu upaya memenuhi kebutuhan lele di Bantul.

“Ini adalah bentuk fasilitasi kepada kolompok budi daya lele agar bisa meningkatkan produksinya,” kata Bupati Halim.

Lihat juga...