BMKG: Empat Wilayah Indonesia siaga dampak hujan lebat

JAKARTA, Cendana News – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, empat dari 27 wilayah di Indonesia berstatus Siaga terdampak hujan lebat pada 7-8 November 2022. Tiga diantaranya berada di Pulau Jawa.

Dalam rilis prakiraan berbasis dampak hujan lebat di wilayah Indonesia yang dimuat InfoPublik, BMKG menyebutkan bahwa wilayah Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bengkulu termasuk dalam wilayah yang berstatus Siaga terdampak hujan lebat dalam dua hari kedepan (7-8 November 2022).

Sementara untuk DKI Jakarta, Jawa Timur (Jatim), dan Banten di perkirakan berstatus Waspada terdampak hujan lebat dalam dua hari ke depan.

Adapun status Waspada juga terdapat pada wilayah lainnya, yakni Aceh, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Jambi, Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kepulauan Riau, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selanjutnya, wilayah yang juga berstatus Waspada adalah Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Utara (Kalut), Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Selatan (Sulsel), Gorontalo, Sulawesi Barat (Sulbar), serta Papua.

Untuk itu, BMKG pun mengimbau masyarakat agar senantiasa tetap berhati-hati dan waspada terhadap kondisi tersebut.

.Foto: InfoPulik

Lihat juga...