Danais untuk peningkatan kualitas hidup, kehidupan, penghidupan

Admin

YOGYAKARTA, Cendana News – Pemerintah DI Yogyakarta kembali menyalurkan anggaran Dana Keistimewaan (Dais) Rp129,9 miliar.

Dana Keistimewaan itu disalurkan ke sejumlah kalurahan di DIY, melalui alokasi bantuan keuangan khusus (BKK).

BKK Dana Keistimewaan DIY diberikan sebagai upaya percepatan pencapaian program strategis Gubernur DIY, dan pemberdayaan masyarakat di kalurahan.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, mengatakan penggunaan BKK Dais harus menerapkan strategi mengurangi anggaran-anggaran operasional. Dan, memprioritaskan alokasi anggaran untuk kegiatan kemasyarakatan.

Sri Paduka menekankan, agar anggaran itu harus dimanfaatkan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat, sebagai pendukung peningkatan kualitas hidup, kehidupan, dan penghidupan.

Dia juga mengingatkan, bahwa untuk pelaporan dan pertanggungjawaban, jangan merasa cukup pada penyajian angka saja.

“Tapi, harus dijelaskan output dan outcome serta impact manfaatnya bagi masyarakat,” kata Sri Paduka, dikutip dari laman jogjaprov, Selasa (29/11/2022).

Sri Paduka menyampaikan hal itu dalam penyerahan simbolis BKK Dais kepada bupati/wali kota se-DIY, dan lurah dari 34 kalurahan, di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, pekan ini.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengatakan dari keseluruhan kalurahan tidak semua menerima BKK dengan besaran yang sama.

Hal itu karena disesuaikan dengan proposal, potensi dan aktivitas kegiatan di kalurahan tersebut.

Sri Paduka mewanti-wanti agar pelaksanaan dan pengawasan anggaran benar-benar berjalan dengan disiplin.

Sementara itu Paniradya Pati DIY, Aris Eko Nugroho menyebutkan, kalurahan-kalurahan di DIY mendapatkan BKK mulai dari Rp50 juta hingga yang terbesar Rp3,97 M.

Lihat juga...