Gubernur Ridwan Kamil imbau warga waspada gempa susulan di Cianjur

Editor: Koko Triarko

BANDUNG, Cendana News – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan di Kabupaten Cianjur.

Ridwan Kamil juga menyampaikan turut prihatin atas bencana gempa di Cianjur, dan berharap tidak banyak korban baik harta, maupun jiwa.

“Saya mendengar kabar kejadian gempa di Cianjur, informasinya ada beberapa bangunan yang rusak. Saya turut prihatin atas kejadian ini,” kata Ridwan Kamil di Kota Bandung, Senin (21/11/2022).

Dia mengatakan, pihaknya secepatnya akan meninjau ke lokasi.

Namun, untuk saat ini dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan.

“Cari tempat yang aman, seperti lapangan terbuka,” katanya, memberi saran.

Gempa bumi tektonik terjadi pukul 13.21 WIB di wilayah Cianjur dan sekitarnya. I

nfo gempa dari BMKG menyebutkan, gempa berkekuatan M 5,6. Lokasi gempa berada di 6.84 LS,107.05 BT atau 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur.

Gempa dengan kedalaman 10 km ini dirasakan di Cianjur, Garut, Sukabumi, Cimahi, Lembang, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor, Bayah, Rancaekek, Tangerang Selatan, Tangerang, dan DKI Jakarta.

Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja yang juga
Kepala BPBD Jabar, mengatakan Pemda Provinsi Jabar telah mengirim Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBD Jabar ke Cianjur.

“Segera setelah gempa terjadi kami langsung menerjunkan Unit Reaksi Cepat Pusdalops BPBD Jabar ke lapangan. Di sana sudah berkoordinasi dengan BPBD setempat,” kata Setiawan.

Ia juga melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Sosial untuk mengantisipasi dampak bencana.

Lihat juga...