Rambon, Entok Jumbo unggulan yang cocok dibudidayakan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA, Cendana News — Memiliki kekerabatan dengan Itik/Bebek, Mentok atau Entok merupakan salah satu jenis ternak unggas yang potensial untuk dibudidayakan.

Selain memiliki ukuran dan bobot lebih besar dibandingkan Itik, Entok juga merupakan salah satu ternak unggas yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran.

Selain bisa dimanfaatkan dagingnya untuk dibuat masakan, telurnya juga laku dijual untuk beragam keperluan. Dari sekian banyak jenis Entok, salah satu yang cocok untuk dibudidayakan adalah jenis Rambon.

Entok Rambon yang awalnya dikembangkan di wilayah Jawa Barat seperti Cirebon dan Indramayu ini kini memang telah banyak menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

Menurut salah seorang pembudidaya Entok jenis Rambon, Wibowo, asal Mlati, Sleman, Yogyakarta, jenis ini memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki entok jenis lainnya.

Jenis Rambon memiliki keunggulan ukuran yang sangat besar dibanding Entok pada Umum. Bobotnya bahkan bisa mencapai 4-5 kilo untuk jantan dan 2,5 – 3 kilo untuk betina.

“Ukurannya jumbo. Pertumbuhannya juga sangat cepat,” katanya.

Disamping itu Entok jenis Rambon diketahui juga memiliki kemampuan menghasilkan produksi telur maupun anakan yang lebih tinggi.

Sekali bertelur, mampu menghasilkan 15-20 butir. Tingkat menetas telur juga sangat tinggi karena ukuran tubuhnya memungkinkan yang besar memungkinkan mengerami telur dalam jumlah banyak.

“Sebenarnya Entok Rambon ini ada banyak jenis warnanya. Mulai dari Bondol kaji, silver kepala putih, Moca atau cokelat dan sebagainya. Semakin bagus warna harganya semakin mahal. Karena sudah masuk kategori hias,” ungkapnya.

Lihat juga...