Riau minta Perusahaan Swasta bantu pemerintah lewat program CSR

PEKANBARU, Cendana News – Tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen badan usaha untuk berperan serta dalam pembangunan sosial berkelanjutan. Hal ini guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi badan usaha sendiri, komunitas setempat maupun masyarakat pada umumnya.

Demikian dikatakan, Asisten III Setdaprov Riau, Joni Irwan dalam acara rapat koordinasi Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha (TJSLBU) di Pekanbaru, Rabu (9/11/2022).

“Permasalahan sosial dan lingkungan selalu menjadi isu krusial meski dipandang dari perspektif manapun,” kata Joni Irwan, seperti dimuat website pemprov.

Menurut Joni Irwan, sebagai sebuah tanggung jawab bersama, pemerintah terus berupaya menyelesaikan setiap masalah yang terjadi di masing-masing wilayahnya. Tentu menurut Joni, hal ini tidak hanya bermodalkan anggaran belanja negara ataupun anggaran belanja daerah saja.

“Pemerintah terus mendorong keberpihakan semua elemen dengan menggali setiap potensi dan sumber kesejahteraan sosial yang salah satu diantaranya adalah peran dunia usaha melalui program CSR,” ujarnya

Menurut Joni, sebagaimana diamanahkan dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 9 Tahun 2020 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan badan usaha. Dimana yang menjadi sasaran adalah seseorang, kelompok, atau masyarakat yang memiliki kehidupan yang tidak layak secara kemanusian.

“Maka kami perlu menegaskan kepada perusahaan swasta bahwa program CSR harus menyasar kepada masyarakat miskin, telantar, disabilitas, terpencil, tuna sosial dan penyimpangan perilaku, korban bencana, korban tindak kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi,” tegas Joni Irwan.

Lihat juga...