Damandiri bantu IRT miliki warung sembako beromset Rp400 ribu per minggu

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA, Cendana News — Program pinjaman usaha ‘Modal Kita’ yang dijalankan Yayasan Damandiri di desa Trirenggo Bantul mampu membantu seorang ibu rumah tangga memiliki usaha warung sembako di rumahnya.

Dia adalah Septi (26) warga dusun Jedikan RT06 Trirenggo, Bantul, Yogyakarta.

Baru sekitar satu tahun terakhir ini Septi memiliki usaha warung sembako di rumahnya. Tepatnya sejak ia mengandung dan melahirkan buah hati pertamanya.

“Sebelumnya saya bekerja di toko. Namun sejak hamil dan melahirkan, saya memutuskan resign. Sehingga saya hanya jadi ibu rumah tangga yang sehari-hari berada di rumah saja,” katanya saat ditemui Cendananews belum lama ini.

Meski hanya berada di rumah, Septi mengaku ingin memiliki penghasilan tambahan untuk membantu suaminya dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Akhirnya ia pun memutuskan untuk membuka usaha warung sembako di rumahnya.

Dengan memanfaatkan program pinjaman Koperasi Gemah Ripah Trirenggo sebesar Rp2 juta, Septi mengaku membeli berbagai macam jenis sembako seperti minyak goreng, gula, teh, mie instan dan sebagainya untuk ia jual kembali ke tetangganya.

“Di sela-sela mengurus anak itulah saya mencoba jualan sembako kecil-kecilan di rumah,” katanya.

Siapa sangka usaha Septi bisa berjalan seperti yang ia harapkan. Kini ia pun bahkan telah mampu melengkapi jenis dagangan sembako warung miliknya, dengan sejumlah produk lain seperti telur ayam, gandum, hingga gas elpiji.

“Alhamdulillah omsetnya lumayan, kalau sedang ramai bisa dapat Rp400ribu per minggu. Bisa untuk mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari,”katanya.

Menurut Septi, adanya program pinjaman usaha ‘Modal Kita’ yang dijalankan Yayasan Damandiri melalui KUD Gemah Ripah Trirenggo jelas sangat membantu warga kecil seperti dirinya untuk memulai dan merintis usaha.

Lihat juga...