Browsing Kategori: "Cakrawala"

Cakrawala

Cakrawala berisi tulisan opini, artikel berbagai sudut pandang yang berbeda. Diisi dengan pandangan dari akademisi, pakar, pengamat hingga masyarakat luas

Indonesia Tanpa Harapan

Saya bersikap pesimis pada masa depan bangsa ini seperti judul tulisan di atas, bukan lantaran membaca novel Ghost Fleet, akan tetapi karena mencermati dengan sungguh-sungguh berbagai indikator ketatanegaraan sekarang ini.

Ketika Nalar Tumpul yang Kebetulan Berkuasa

Dampak negatif paling fundamental dari suatu pemerintahan yang otoriter itu adalah menyebarkan "nalar tumpul" ke seluruh sendi-sendi pemerintahan. Dan wabah dari "nalar tumpul" ini jauh lebih berbahaya dari Covid-19.

Quo Vadis

Pemerintah berkelahi dengan rakyatnya. Jerat-tangkap-borgol, menjadi jurus andalan. Tentu, Pemerintah menang. Pemerintah terbukti punya pikiran dan kehendak sendiri, tak harus bersanding lurus dengan pikiran dan kehendak rakyat.

Konflik Laut China Selatan

Perebutan pengaruh China dan Amerika, membuat ASEAN terlihat ambigu. Terutama Indonesia yang telah menyetujui Obor China. Beberapa hari terakhir pasca kunjungan Prabowo ke Amerika, posisi Indonesia mulai nampak berimbang kembali di tengah…

Sejenis Tonil

Absolutisme negara Hobbesian amat cocok dengan monarki, di mana kekuasaan mutlak ditangan raja. Demokrasi baginya ibarat barang pecah belah. Gampang pecah, gampang belah. Hanya cocok diterapkan di negara-negara kecil.

Membela Siapa?

Benar, dari rakyat itulah pemerintah muncul. Tapi, selanjutnya terjadi semacam silogisme, kesesatan berpikir: tindak represif RSA merupakan manifestasi kehendak pemerintah yang kongruen dengan kehendak negara.