Browsing Tag: "cerpen"

cerpen

Nyai Sima

Rambutnya yang sebahu dibiarkan terurai diterpa angin kemarau kering. Dengan tekad bulat, perempuan itu menemui Nyai Sima. Diketuknya gubuk di bawah pohon angsana besar di puncak Bukit Patiayam.

Jayanti

“Bulan depan aku akan melamarmu, tepatnya usai pesta ngarot.” Ucapan Prastowo beberapa waktu lalu sesekali terngiang di telinga Jayanti.

Tangan Tanpa Jari

DARI atas helikopter yang kunaiki, tak henti-hentinya mulutku merapal syukur atas pemandangan hijau yang terbentang indah di bawah. Aliran sungai terlihat seperti ular melata di atas permadani hijau. Di saat seperti ini aku benar-benar…

Keramat Pasir Timbul

Mereka ke sana untuk mengadakan selamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selamatan itu biasanya dipimpin oleh seorang ustaz. Ustaz membacakan doa minta keselamatan di motor air yang dikandaskan di Pasir Timbul yang diaminkan oleh para…

Sebuah Cara Menyambut Hujan

Memang terasa aneh. Seperti pencuri di malam hari, mendung itu datang tiba-tiba nyaris tanpa sebuah tanda. Angin bertiup menghempaskan rasa dingin di permukaan kulit.

Guru

Aku menggeliat menggerakkan tubuh sambil memandang sekitar. Tuhan Maha Besar. Pohon-pohon hijau yang saya tanam sebelumnya mulai tumbuh menyegarkan. Aneka tanaman buah mulai berkembang di tanah basah.

Tengkorak

Mereka menemukan sebuah tengkorak yang jelas sekali tengkorak manusia. Dalam beberapa saat, mereka seperti melihat masih ada nyawa menghuni tengkorak itu. Sebelum akhirnya tengkorak itu tampak tidak lebih dari sekadar rumah-rumahan semut.