Browsing Tag: "tenun"

tenun

Belajar Tari Bali di Istana Anak TMII

Berlanjut tari Tenun,  gerakan empat penari berkostum kaus merah berpadu kain batik motif bunga, sangat kompak dan indah terlihat. Tarian ini menggambarkan proses dalam menenun.

IWAPI Lamsel Dorong Pengembangan Kain Tenun Tapis

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Lampung Selatan, mendorong penjualan kain tradisional bermotif tapis. Salah satunya dengan menjualnya di gerai Dekranasda yang ada di dermaga eksekutif pelabuhan Bakauheni.

BAZNAS Kembangkan Potensi Perajin Batik dan Tenun

Untuk peningkatan pemasaran, BAZNAS juga berusaha memfasilitasi mereka. Ini dibuktikan produk pemberdayaan dari Rumah Batik dan Tenun dijadikan sovenir bagi seluruh peserta World Zakat Forum (WZF) 2019, yang akan digelar di Bandung pada 5-7…

Dekranasda NTB Bantu Pasarkan Produk Lokal

"Produk tenun dari NTB telah diakui kualitasnya, dan banyak dilirik wisatawan, karena memiliki beragam motif dan corak, warna, kualitas yang sangat baik," katanya. 

Kain Tenun Ikat Laku Keras di Festival Lamaholot

“Adanya festival ini membuat kain tenun kami bisa terjual. Kalau jual di pasar-pasar di kabupaten Flores Timur, paling sebulan hanya laku 10 lembar saja,” kata Marcelina K. Maran, penjual kain tenun, Senin (16/9/2019).

Makin Diminati, Tenun Ikat Flotim Butuh Penerus

“Perlu ada pelajaran mengenai tenun, termasuk proses menenun. Kalau tidak diajarkan sejak dini, suatu saat generasi masa datang tidak bisa menenun dan kain tenun pun hilang,” ujarnya.

Perajin Belum Fokus Kembangkan Kain Tenun Khas Flotim

“Dari list yang dibuat dinas Kebudayaan dan Pariwisata Flotim, ada 10 motif yang dominan, baik di pulau Adonara, Solor maupun Flores daratan. Belum termasuk motif lainnya yang hanya dibuat beberapa penenun saja,” ujarnya.

Tenun Songket Bali Tergusur Kain Bordir

Kekhawatiran ini mengemuka, karena masyarakat Bali belakangan ini lebih memilih menggunakan produk kain bordir yang desain motifnya menyerupai motif kain tenun songket. Kain bordir ini lebih murah, dibandingkan dengan harga kain tenun…

Komitmen Pemprov Bali Lindungi Kain Tenun dari Kepunahan

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Putri Suastini Koster akan melakukan berbagai upaya agar tenun ikat asli lokal tidak mengalami kepunahan. Salah satunya dengan cara mengajak masyarakat agar menggunakan…

Kain Tenun Ikat Wajib Dikenakan Saat Ritual Adat

“Kain tenun ikat bagi masyarakat Lembata wajib dikenakan saat ada ritual adat. Kaum lelaki dan perempuan wajib mengenakannya, apalagi ritual adat berlangsung di rumah adat dan Namang,” sebut Frans Kota Making, tokoh adat Lamatokan,…