Arus Balik Lebaran, POLDA Lampung Siapkan Tiga SOP

LAMPUNG — Hari kedua Idul Fitri 1438 Hijriyah, arus pemudik pengguna kendaraan pribadi dan roda dua dengan moda transportasi kapal roll on roll off (Roro), masih terus mengalir dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera dan sebaliknya. Pemudik yang telah merayakan Idul Fitri di hari pertama di sejumlah tempat di Pulau Sumatera, terlihat mulai menuju Pelabuhan Bakauheni untuk menyeberang ke Pulau Jawa.

Salah satu pemudik asal Tangerang, Banten, Sodik, menyebut telah mudik ke Lampung sejak empat hari sebelum lebaran (H-4), sehingga memiliki waktu cukup lama berkumpul bersama keluarga, dan memutuskan kembali ke Pulau Jawa pada hari kedua lebaran dengan alasan arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera masih lengang.

Menurut Sodik, keputusan menyeberang ke Pulau Jawa pada H-2 itu akibat pengalaman tahun sebelumnya terjebak macet di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni sebelum membeli tiket kendaraan di toll gate, karena pemudik pulang secara bersamaan. Selain macet dan mengantri hingga tiga jam sebelum naik ke kapal, dimulai dari pintu keluar Pelabuhan Bakauheni hingga ke area parkir Pelabuhan Bakauheni, perjalanan kapal juga memakan waktu tiga jam, sehingga ia membutuhkan waktu enam jam untuk sampai di Merak, Banten.

“Pengalaman mudik tahun sebelumnya lama di jalan, jadi tahun ini saya siasati dengan mudik lebih awal dan balik lebih awal yang terbukti efektif tidak begitu macet, bahkan cenderung lengang di Jalan Lintas Sumatera,” terang Sodik, yang hendak mudik ke Kecamatan Candipuro di Kabupaten Lampung Selatan, saat ditemui Cendana News tengah beristirahat di rest area Rumah Makan Simpang Raya Penengahan, Senin (26/6/2017), pagi.

arus balikLampung
Comments (0)
Add Comment