Menhub Imbau Pemudik Perhatikan Manajemen Waktu Kepulangan

BANDUNG — Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik arus balik Lebaran 2017 untuk dapat mengatur jadwal kepulangan mereka dengan memperhatikan manajemen.

Manajemen waktu ini penting diterapkan sebab hal ini juga terkait dengan adanya aktivitas truk angkut barang yang sudah mulai beroperasi pada tanggal 30 Juni mendatang, kata Budi Karya Sumadi dalam siaran pers Humas Setda Provinsi Jawa Barat yang diterima Antara di Bandung, Rabu (28/6/2017).

Pada hari Rabu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bersama Kadishub Jabar Dedi Taufik, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto, dan Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Tomex Kurniawan mengecek kesiapan arus balik di Posko Angkutan Lebaran Terpadu Cikopo di pintu keluar Tol Cikampek.

Menteri Perhubungan menyatakan bahwa penyelenggaraan mudik pada tahun ini sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Diharapkan arus balik bisa tersebar di beberapa tempat dengan baik. Kalau memang pada tanggal 1 s.d. 2 Juli padat, mungkin masyarakat bisa memilih balik mulai Rabu hingga Jumat (30/6).

Kalau di kampung halaman sudah tidak ada aktivitas apa-apa lagi, lebih baik cepat balik. Bagi yang wiraswasta yang masih libur mungkin bisa pulang pada tanggal 3 Juli.

Selain itu, Menhub juga berpesan suapaya masyarakat lebih berhati-hati saat di perjalanan.

Berdasarkan evaluasi penyelenggaraan mudik tahun sebelumnya, jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada musim Lebaran justru kebanyakan terjadi pada arus balik.

Ia juga menyarankan masyarakat dapat memilih memanfaatkan program mudik gratis dari pada mudik menggunakan sepeda motor, tentu menaiki sepeda motor dengan jarak yang jauh sangat berpotensi kecelakaan.

arus balik
Comments (0)
Add Comment