Penumpang di Pelabuhan Bakauheni Mulai Membludak

LAMPUNG—Ribuan calon penumpang pejalan kaki dari berbagai kota di Pulau Sumatera yang akan mengggunakan moda transportasi kapal roll on roll off (Roro) mulai memadati loket pembelian tiket penumpang pejalan kaki di Pelabuhan Bakauheni, Rabu (28/6/2017).

Tren keberangkatan pemudik pejalan kaki dalam arus balik lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah yang memilih perjalanan pagi hari membuat antrian pemudik pejalan kaki tidak terelakkan di depan loket penjualan tiket pejalan kaki yang disiapkan sebanyak 12 loket penjualan tiket,10 di antaranya loket penjualan tiket dan 2 loket portable. Petugas kepolisian, satuan polisi pamong praja, relawan dari ASDP pusat, security dikerahkan guna mengantisipasi penumpukan dan memanjangnya antrian di loket pembelian tiket dengan kebijakan pembelian tiket dilakukan oleh satu dua orang jika pemudik berangkat secara berombongan.

Bripda Novi Luvita,anggota Polwan Polres Lampung Selatan membantu lansia. -Foto: Henk

Hingga siang ini, pada lebaran hari kedua berdasarkan data posko angkutan arus balik Pelabuhan Bakauheni tercatat 107.057 penumpang telah diseberangkan, di antaranya 85.597 orang penumpang dalam kendaraan dan 21.460 penumpang pejalan kaki. Kepadatan arus kedatangan calon penumpang pejalan kaki bahkan di antaranya kaum lanjut usia (lansia) dan anak-anak yang ikut berdesak-desakan dengan calon pembeli tiket lain akibat tidak adanya jalur khusus pembelian tiket khusus lansia, anak-anak dan wanita serta jalur khusus ke gangway saat akan naik ke kapal.

Seorang lansia asal Lampung tujuan Tangerang yang hendak menyeberang ke Pulau Jawa, bahkan terpaksa dibantu oleh Brigadir Polisi Dua Novi Luvita, salah satu anggota polisi wanita dari Polres Lampung Selatan, akibat berdesak-desakan dengan calon penumpang kapal lainnya. Bripda Novi mengungkapkan, semenjak bertugas selama hampir dua pekan dirinya kerap menjumpai lansia yang membutuhkan bantuan termasuk kaum wanita yang membawa anak kecil ditambah membawa barang-barang bawaan yang cukup banyak.

arus balikbakauhenisumatra
Comments (0)
Add Comment