Diskominfo Ciamis Ajak Masyarakat Membentuk KIM

CIAMIS – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar kegiatan pembinaan dan pelatihan kepada aparatur Pemerintah Desa, Karang Taruna, Kelompok Tani, Kader PKK, dan lain-lain dari empat wilayah Kecamatan, yakni Pamarican, Cimaragas, Sukamantri dan Rancah, untuk bisa mengajak masyarakatnya membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Pembentukan KIM bertujuan agar segala informasi yang ada di Desa, khususnya yang ada di 4 wilayah Kecamatan di Kabupaten Ciamis bisa dikelola dengan baik oleh masyarakat. Utamanya menonjolkan potensi unggulan yang ada dan dimiliki oleh warga masyarakat, sehingga bisa menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakat.

Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, Diskominfo Kabupaten Ciamis, Drs. Dian Budiana, M.Si., mengungkapkan, bahwa pihaknya mengajak kepada aparatur pemerintahan Desa, Karang Taruna, Kelompok Tani, Kader PKK dan lain-lain, yang ada di wilayah  Kecamatan Pamarican, Cimaragas, Sukamantri dan Rancah, agar dapat mendukung dan mendorong pembentukan KIM.

“Langkah pertama yang kami lakukan adalah mensosialisasikan, mengajak dan mendorong terbentuknya KIM. Karena di wilayah Kabupaten Ciamis, yang terdiri dari 27 Kecamatan ini, kami baru bisa dan pertama kali mensosialisasikan pembentukan KIM di empat wilayah kecamatan tersebut,” ungkap Dian.

Dikatakan Dian, tujuan utama dari pembentukan KIM adalah untuk mendorong masyarakat yang ada di wilayah pedesaan, dalam pemanfaatan potensi desa yang ada sehingga dapat membantu perekonomian  masyarakat .

“Mengangkat potensi yang ada di wilayah, dari berbagai sektor mulai dari pariwisata, home industri dan ekonomi kreatif dengan melibatkan aparatur Pemerintahan Desa, Karang Taruna, Kelompok Tani, Kader PKK dan lain-lain,” kata Dian.

JabarKominfo
Comments (0)
Add Comment