Pemkab Karimun Terapkan Data Pemusatan OPD

KARIMUN – Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau berencana menerapkan pemusatan data dan informasi dari seluruh organisasi perangkat daerah untuk mengefektifkan pemerintahan di daerah itu.

“Kita akan siapkan sebuah aplikasi, namanya e-Office. Aplikasi ini akan menjadi pusat data dari setiap OPD,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun Muhammad Firmansyah di Tanjung Balai Karimun, Sabtu.

Ia mengatakan pemerintah daerah menjalin kerja sama dengan Pemkot Tangerang yang telah lebih dulu menerapkan aplikasi e-Office.

Pemkot Tangerang, menurut dia, telah menjadikan aplikasi e-Office sebagai pusat dari 98 aplikasi yang digunakan seluruh OPD di daerah itu.

“Pemkot Tangerang bersedia memberikan aplikasi e-Office secara cuma-cuma,” katanya.

Dengan pemusatan data seluruh OPD, Firmansyah berharap roda pemerintahan berjalan lebih baik dan terintegrasi, sehingga dapat mendorong terwujudnya pelayanan masyarakat yang cepat, efektif, dan efisien.

Selain itu, kata dia, pemusatan data juga dapat mempermudah masing-masing OPD untuk menyurun rencana kerja yang saling mendukung antara satu OPD dengan lainnya.

“Aplikasi ini memiliki keunggulan, misalnya mengenai tata naskah masing-masing OPD yang lebih sederhana dan transparan,” katanya.

Dengan aplikasi e-office, lanjut dia, juga akan mempermudah penyampaian laporan kegiatan dari setiap OPD, seperti laporan belanja langsung maupun tidak langsung, serta penggunaan dana APBD.

Dia mengatakan pengelolaan aplikasi e-Office membutuhkan anggaran relatif besar, mencapai miliaran rupiah.

Dia mengatakan telah meminta kepada Bagian Humas Sekda Kabupaten Karimun untuk membuat rancangan dan menyusun langkah untuk menerapkan aplikasi tersebut, termasuk menyiapkan tenaga TI dan pengelola aplikasi atau “programmer”.

“Ini merupakan upaya untuk memanfaatkan teknologi informasi yang makin canggih, dalam kaitan peningkatan pelayanan publik. Ke depan, mungkin kita bisa saja tidak perlu rapat tatap muka, tapi bisa rapat dari ruangan kerja masing-masing, menggunakan teknologi informasi,” tuturnya. (Ant)

karimunjawaOPD
Comments (0)
Add Comment