Antisipasi Banjir, Warga Bersihkan Sampah di Bendungan Koja

Editor: Mahadeva WS

BEKASI – Sampah menggunung di Bendungan Koja, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Tumpukan sampah itu, dapat memicu terjadinya banjir, yang bisa mengancam empat komplek perumahan di bantaran Sungai Cikeas, Kabupaten Bogor.

“Antisipasi banjir, dampak dari penumpukan sampah tersebut, tim Tagana, KP2C, Pemerintah Desa Bojongkulur, dan elemen lainnya, melakukan pembersihan sampah di Bendungan Koja,” kata Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C), Puarman Kahar, Rabu (14/11/2018).

Dari pembersihan yang dilakukan, sampah di Bendungan Koja, volumenya mencapai empat lori atau truk. Setelah pembersihan, aliran sungai kembali lancar. Sementara, jika dilakukan pembiaran, banjir bisa menerjang Villa Nusa Indah 3, Villa Mahkota Pesona, Puri Nusapala dan Perumahan Mendosi Kota Bekasi.

Pembersihan melibatkan berbagai komponen tersebut, menjadi inisiatif warga, guna mengantisipasi banjir. “Melalui gerakan bersih sampah di bendung Koja, diharapkan banjir tidak akan melanda perumahan di bantaran sungai Cikeas, sepanjang musim hujan ini,” tandas Puarman.

Tumpukan sampah di Bendungan Koja – Foto M Amin

Penumpukan sampah, terpantau terjadi beberapa hari terakhir. Akibatnya, aliran air sungai terhambat.

Kepala Desa Bojongkulur, Kabupaten Bogor, Firman Riansyah, menambahkan, Desa Bojongkulur memiliki beberapa titik lokasi langganan banjir. Diharapkan, dimusim penghujan tahun ini, entitasnya berkurang. “Berbagai upaya sudah dilakukan, untuk mengantisipasi banjir di wilayah Desa Bojongkulur, dengan melakukan perbaikan darinase dan salah satunya pembersihan aliran sungai Cikeas,” pungkas Firman.

bekasibendungan kojaJabarSampah
Comments (0)
Add Comment