DPT dan TPS di Kota Bekasi Bertambah

Editor: Mahadeva

BEKASI – Jumlah pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kota Bekasi, Jawa Barat, bertambah 121.073  orang. DPT Pemilu 2019 Kota Bekasi bertambah 1.620.073 orang pemilih.

Jumlah tersebut, merupakan hasil rapat pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP) tahap dua. Penetapan tersebut, telah mendapatkan masukan dari masyarakat, melalui beberapa program seperti, Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Termasuk memverifikasi data non DPT, yang diturunkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara nasional. “Data non DPT dari Kemendagri secara nasional, totalnya ada 31 juta jiwa, dan untuk Kota Bekasi ada 400 ribuan pemilih,” kata Ali Syaifa, Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Teknis Pelaksanaan, Rabu (14/11/2018).

Data dari Kemendagri , diturunkan ke PPS melalui PPK, untuk mendapatkan pencocokan dan penelitian (Coklit), dan mengkonfirmasi data. Setelah mendapat masukan dari semua pihak, disepakati DPT Kota Bekasi bertambah 121.073 orang. Sebelumnya, DPT Kota Bekasi, mengacu pelaksanaan Pilkada 2018, jumlahnya 1.499.000 jiwa.  “Jika ada pencermatan lagi soal DPT, maka menunggu perintah dari KPU RI, atau rekomendasi dari Bawaslu. Penambahan DPT itu sudah dilaporkan ke KPU tingkat Provinsi dan telah disepakati bersama melalui pleno,” tandas Ali.

Dari pencermatan yang dilakukan, penambahan jumlah pemilih tersebut, terjadi secara merata di 12 kecamatan yang ada di Bekasi. Sementara, penambahan jumlah pemilih tersebut, berimbas pada penambahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sebelumnya, di Kota Bekasi akan disiapkan 6.500 TPS. Namun dengan penambahan jumlah pemilih, jumlah TPS berubah menjadi 6.685 lokasi. Penambahan TPS paling banyak terjadi di Bekasi utara, sementara paling sedikit terjadi Kecamatan Jati Sampurna.

bekasidptJabarpemilu 2019
Comments (0)
Add Comment