Permudah Akses, Warga Bekasi Dapat Urus KTP di Kantor Kecamatan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

BEKASI — Kebijakan Wali Kota Bekasi tentang pelayanan administrasi kependudukan dapat dilayani di tingkat kecamatan disambut baik Camat Bekasi Timur, Gutus Hermawan. Dia mengatakan kebijakan tersebut memudahkan masyarakat.

“Sekarang masyarakat bisa mengurus akte lahir, kematian, pencetakan kependudukan di kecamatan,” ungkap Gutus di Bekasi, Rabu (14/11/2018).

Kebijakan pelayanan administrasi bisa di tingkat Kecamatan disambut antusias masyarakat. Sehari, warga yang datang mencapai ratusan orang, baik untuk keperluan KTP, akte lahir, Kartu Keluarga (KK) dan administrasi lainnya.

Menurut Gutus, melalui kebijakan baru itu, masyarakat semakin dimudahkan. Sebab imbuh dia, pelayanan kependudukan dapat diurus di tiga tempat seperti di kecamatan, mal pelayanan publik (MPP), dan Disdukcapil.

“Tidak ada lagi antrean panjang di dinas kependudukan untuk proses pengurusan administrasi,” tukasnya.

Gutus mengakui, Kecamatan Bekasi Timur sendiri sudah siap melakukan pelayanan. Pasalnya, sebelumnya masyarakat juga melakukan pengurusan di kecamatan tetapi untuk proses pencetakan harus dilakukan di dinas penduduk dan catatan sipil.

Pelayanan pembuatan administrasi kependudukan di Bekasi Timur bisa menghabiskan 100 lebih blanko. Pihaknya sudah menyiapkan dokumen 150 blanko setiap harinya untuk pengurusan KTP, KK dan akte lahir.

“Begitu pun untuk peralatan, semua di Kecamatan Bekasi Timur sudah memadai,” tambahnya.

Sebelumnya Walikota Bekasi, Rahmat Effendi menetapkan khusus untuk pelayanan kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran atau Kematian dapat di proses dan diurus pelayannya di 12 Kecamatan di Kota Bekasi terhitung Senin 12 November 2018.

Kebijakan itu dilakukan untuk memperpendek jarak pelayanan dan mempermudah akses warga dalam mendapatkan pelayanan data kependudukan di Kota Bekasi.

“Terobosan itu guna memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang merasa dirugikan dari segi waktu,” tegasnya melalui release baru baru ini.

Untuk darurat, masyarakat bisa langsung di dinas kependudukan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang ada di Bekasi Juction bekas Pasar Pasar lama dan MPP APG Pondokgede. Dengan demikian masyarakat bisa memiliki pilihan dalam pengurusan data administrasi kependudukan.

bekasiJabar
Comments (0)
Add Comment