Titan Arum, Bunga Langka Koleksi Mekarsari, Mekar

Editior: Koko Triarko

BOGOR – Mekarnya Amorphophallus titanum atau Titan Arum yang sudah ditunggu para pengunjung Taman Buah Mekarsari, akhirnya berlangsung pada 22 Agustus 2019. Bunga yang mencapai tinggi 153 centimeter ini terlihat sangat megah dan indah di Area Kanal. 

Marketing Communication Taman Buah Mekarsari, Firman Setiawan, menyebutkan sejak 14 Agustus 2019, kuncup bunga sudah mencapai 114 cm.

“Awalnya perkiraan kita akan mekar pada 17-18 Agustus. Tapi baru mekar hari ini. Dan, ini tidak akan lama, paling lama dua hari saja,” kata Firman, saat ditemui, Jumat (23/8/2019).

Ia menjelaskan, bahwa pengaruh udara panas menyebabkan bunga Titan Arum ini tidak bisa bertahan lama.  Tercatat Titan Arum koleksi Taman Buah Mekarsari mengalami fase berbunga sebanyak 9 kali pada tanaman yang berbeda.

“Titan Arum berbunga pada 2005, November 2009, Januari 2010, Juli 2010, Juli 2012,  Maret 2015, Juli 2015, Agustus 2018, dan Agustus 2019,” jelas Firman.

Rekor bunga tertinggi pada November 2009, bunga  tumbuh dan mekar dengan ukuran  mencapai 2,3 meter.

Titan Arum yang saat ini akan mekar berlokasi di areal antara kanal dan danau baru Taman Buah Mekarsari. Untuk mencapai lokasi, pengunjung dapat berjalan kaki atau bersepeda menyusuri kanal.

“Tanaman ini dikenal dengan nama bunga bangkai (Corpse flower/carrion flower) karena saat bunga mekar sempurna atau full bloom mengeluarkan bau yang menyengat seperti bangkai selama beberapa jam,” ujar Firman.

Bunga bangkai memiliki siklus hidup yang unik, setelah berbunga tanaman akan dorman dalam bentuk umbi. Umbi tersebut dorman selama kurang lebih 3- 4 bulan.

“Setelah menyelesaikan masa dormannya, umbi akan mengelurkan daun dengan tinggi mencapai 3-4 meter. Daun ini mampu bertahan segar selama 6-8 bulan sebelum akhirnya mengering dan kembali ke fase dorman,” papar Firman.

Bila tanah di sekitar bunga bangkai digali, maka akan tampak umbi bunga bangkai, tempat menyimpan makanan hasil fotosintesa daun.

“Bila cadangan makanan pada umbi bunga bangkai sudah cukup, maka umbi tersebut akan membentuk calon bunga yang akan mekar 1-1,5 bulan kemudian. Bunga bangkai berbunga biasanya 2-4 tahun sekali,” kata Firman.

Umbi bunga bangkai memiliki sifat yang unik, pada saat daun tumbuh, umbi mengecil. Cadangan makanan yang ada di dalamnya dipakai untuk pembentukan dan pertumbuhan daun. Setelah daun mampu berfotosintesis dan menghasilkan makanan, di atas umbi yang lama akan tumbuh umbi baru.

“Umbi baru ini ukurannya akan menjadi lebih besar dari umbi sebelumnya,” pungkas Firman.

ArumBangkaibogorBuahbungaJabarmekarsaritamanTitan
Comments (0)
Add Comment