Personel Kodam Mulawarman Tangani Karhutla di PPU

Editor: Mahadeva

BALIKPAPAN – Kodam Mulawarman turunkan 31 personel untuk ikut menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur.

Personel yang diberangkatkan, adalah Satuan Tugas Karhutla Batalyon Zani Tempur 17/Ananta Dharma Kodam VI/Mulawarman. Mereka diberangkatkan dari wilayah Kodim 0913 PPU. “Personel Yonzipur telah siap melaksanakan pergeseran pasukan di dermaga ADRI Bekangdam VI/Mlw Kampung Baru. Selanjutnya melaksanakan serpas menuju wilayah Kodim 0913/PPU,” ujar Kasdam VI/Mlw, Brigjen TNI Richard Tampubolon, Jumat (13/9/2019).

Para personel TNI tersebut, akan membantu perkuatan dan kerjasama dengan instansi terkait, dalam upaya mencegah dan menanggulangi karhutla di PPU, yaitu di sekitar wilayah Petung. “Walau dihadapkan dengan jauhnya lokasi titik api dan dengan segala tantangan kondisi alam yang harus ditempuh, Kodam VI/Mlw tetap berupaya seoptimal mungkin untuk dapat mengatasi karhutla,” jelas Richard Tampubolon.

Upaya pemadaman api di kawasan tersebut menemui beberapa kendala, yaitu terbatasnya sumber air, akses menuju lokasi yang sulit, dan angin yang kencang. Meski demikian, personel TNI telah melakukan pemetaan, untuk dapat memadamkan api dengan cepat.

Cara yang dilakukan, menggunakan dua unit eksavator PC 200 milik UPT PU Kecamatan Penajam, dan satu unit eksavator kecil Alsintan. Kodim PPU akan melakukan manuver dilokasi kebakaran dengan melaksanakan penyekatan dan pembuatan Embung. “Kita akan buat sekat-sekat menggunakan alat berat yang ada. Diharapkan dengan cara ini bisa mengurangi titik api yang ada,” beber Richard Tampubolon lebih lanjut.

KaltimKodam Mulawarmanpenajamppu
Comments (0)
Add Comment