Berkembang Pesat, Koperasi Tamanmartani Sejahtera Sudah Miliki 575 Anggota

Editor: Mahadeva

YOGYAKARTA – Sejak menjadi koperasi binaan Yayasan Damandiri, melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari di 2017 lalu, Koperasi Serba Usaha Tamanmartani Sejahtera, terus mengalami perkembangan pesat. 

Koperasi yang berada di Kecamatan Kalasan, Sleman tersebut, didirikan 19 tahun lalu. Dan kini, anggota Koperasi Tamanmartani Sejahtera terus meningkat setiap tahun. Meski di awal pendiriannya hanya memiliki puluhan anggota, kini anggotanya tercatat telah mencapai 500 orang lebih.

Dan hingga Oktober 2019 ini, tercatat sudah ada 575 anggota. “Peningkatan jumlah anggota secara signifikan ini terjadi karena kita memang tak pernah berhenti mensosialisasikan keberdaan Koperasi pada masyarakat. Baik itu dalam setiap kegiatan formal di tingkat desa, maupun kegiatan non formal di lingkungan masyarakat,” kata Manager Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah, Jumat (25/10/2019).

Peningkatan jumlah anggota tidak hanya berdampak positif bagi perkembangan koperasi. Namun juga membuktikan, bahwa Koperasi Tamanmartani Sejahtera mampu menjadi pilar ekonomi, maupun pilar berbagai kegiatan di tengah masyarakat. Khususnya di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani.

Manager Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera Maimunah secara simbolis memberikan bantuan air bersih pada warga terdampak kekeringan di Prambanan Sleman, Jumat (25/10/2019) Foto Jatmika H Kusmargana

Melalui program yang dicanangkan Yayasan Damandiri, Koperasi Tamanmartani Sejahtera sendiri memiliki sejumlah unit usaha, yang kesemuanya bergerak di bidang pariwisata. Hal itu menyesuaikan potensi yang dimiliki Desa Tamanmartani. Lokasi desa yang tidak jauh dari kawasan wisata Candi Prambanan, mendorong warga untuk membuka usaha homestay, warung cafe Damandiri dan beberapa unit usaha lain.

Memanfaatkan dana PNPM Rp250 juta, Koperasi Tamanmartani Sejahtera juga rutin memberikan pinjaman modal usaha pada masyarakat khususnya pelaku usaha. Nilai aset keuangan Koperasi Tamanmartani Sejahtera hingga 2019 ini sudah mencapai Rp1,3 miliar, dengan SHU per-tahun sebesar Rp114 juta.

“Sebanyak 15 persen hasil SHU secara rutin kita alokasikan untuk kegiatan sosial. Seperti menyantuni warga miskin, para lansia, maupun menggelar berbagai kegiatan sosial lainnya. Ini kita lakukan karena kita ingin koperasi tidak hanya bermanfaat bagi anggota, namun juga bagi masyarakat secara luas,” pungkasnya.

DamandiriDesa Cerdas Mandiri LestariDIYKalasanKoperasi tamanmartani SejahteraSlemantamanmartani
Comments (0)
Add Comment