Manfaatkan SHU, Koperasi Tamanmartani Sejahtera Bantu Warga Terdampak Kekeringan

Editor: Mahadeva

YOGYAKARTA – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di sekitarnya, Koperasi Tamanmartani Sejahtera, menggelar bakti sosial penyaluran bantuan air bersih. Bantuan diberikan kepada warga masyarakat di Kecamatan Prambanan Sleman, Jumat (25/10/2019). 

Koperasi binaan Yayasan Damandiri tersebut, sekaligus pelaksana program Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani ini, menyalurkan 10 tangki air bersih. Bantuan diberikan kepada warga masyarakat di empat desa terdampak kekeringan di Kecamatan Prambanan.  Simbolis bantuan diberikan Manager Koperasi Tamanmartani Sejahtera Maimunah, kepada warga masyarakat di Dusun Bendo, Gayamharjo, Prambanan Jumat (25/10/2019) siang.

Manager Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera Maimunah secara simbolis memberikan bantuan air bersih pada warga terdampak kekeringan di Prambanan Sleman, Jumat (25/10/2019) Foto Jatmika H Kusmargana

Manager Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah, mengatakan, pihaknya secara rutin menggelar kegiatan sosial. Hal itu sebagai bentuk kepedulian Koperasi Tamanmartani kepada masyarakat di sekitarnya. Kegiatan semacam itu digelar rutin setahun sekali, dengan memanfaatkan SHU Koperasi.  “SHU Koperasi tiap tahun secara khusus memang dialokasikan untuk dana sosial. Seperti membantu warga kurang mampu, lansia maupun menggelar kegiatan yang bersifat sosial seperti ini. Sehingga Koperasi bisa memberikan manfaat ke lingkup yang lebih luas, tidak hanya kepada anggota saja,” tandasnya, seusai penyerahan bantuan.

Dropping air bersih kali ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan. Dropping dipilih, karena warga di empat desa di Kecamatan Prambanan, banyak yang mengalami kesulitan air bersih pada kemarau kali ini. Lokasi warga terdampak kekeringan, cukup dekat dengan Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani.

“Kita gelar disini karena kita ingin membantu masyarakat yang lokasinya paling dekat dengan Koperasi. Selain bantuan dropping air bersih kita juga menyalurkan bantuan pakaian pantas pakai bagi warga. Bantuan ini berasal dari para donatur baik itu anggota koperasi maupun warga masyarakat Tamanmartani,” tandasnya.

Suasana penyaluran bantuan air bersih Koperasi Tamanmartani Sejahtera pada warga desa Gayambarjo Prambanan Sleman, Jumat (25/10/2019) – Foto Jatmika H Kusmargana

Salah seorang warga Dusun Bendo, Siti, mengaku sangat bersukur mendapatkan bantuan air bersih. Warga Dusun Bendo, Gayambarjo, Prambanan tersebut, sudah sejak beberapa minggu terakhir kesulitan mendapatkan air bersih.  “Sudah tiga minggu lebih kita disini kesulitan air. Karena sumur mongering, sementara air dari PAM Desa juga mati. Sehingga kita hanya mengandalkan bantuan droping air bersih,” jelasnya.

Warga lainnya, Partinem, menyebut, hanya mengandalkan bantuan droping air bersih. Sehari-hari, Dia harus pintar-pintar mengirit air bersih, agar kebutuhan sehari-hari bisa tercukupi. Hal itu dilakukan, agar bisa bertahan hingga musim penghujan tiba.  “Sehari paling tidak butuh 10 jeriken air. Itupun harus ngirit, misalnya air bekas cucian memasak harus disimpan untuk minum sapi. Atau air bekas mencuci baju untuk menyiram tanaman di pekarangan,” tandasnya.

Air BersihDesa Cerdas Mandiri LestariDIYKekeringankemarauKoperasi TamanmartaniprambananSlemantamanmartani
Comments (0)
Add Comment