Rumah Kemas Argomulyo Dorong Masyarakat Berwirausaha

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA –  Meski masih terbilang baru, Rumah Kemas Argomulyo yang merupakan unit usaha KUD Sahabat Damandiri Sejahtera terus mengembangkan usaha dalam rangka membantu para pelaku UMKM di Desa Cerdas Mandiri Lestari.

Selain melayani jasa pengemasan produk dan pembuatan desain kemasan, Rumah Kemas Argomulyo juga tengah menjajaki untuk menggelar pelatihan dan pendampingan usaha bagi warga masyarakat.

Ketua Rumah Kemas Argomulyo, Sunardi, mengatakan rencana itu muncul seiring adanya tawaran kerjasama dari pihak ketiga. Pelatihan itu nantinya lebih fokus pada usaha kecil skala rumahan seperti pembuatan sangkar burung, budidaya kelinci, dan sebagainya.

Pimpinan Rumah Kemas Argomulyo, Sunardi, di ruang kerjanya, Minggu (20/10/2019) – Foto: Istimewa

“Jadi kita hanya sebagai perantara saja. Yakni mempertemukan mereka yang memiliki keahlian dengan masyarakat yang ingin atau berminat menggeluti usaha. Sasaran kita nanti tidak hanya warga desa sekitar sini saja, namun justru dari luar daerah,” katanya, Minggu (20/10/2019).

Dengan adanya pelatihan usaha ini Sunardi berharap nantinya akan semakin banyak warga masyarakat khususnya di Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo yang memiliki usaha. Sehingga warga akan menjadi lebih mandiri dan semakin meningkat kesejahteraannya.

“Adanya pelatihan ini diharapkan akan menumbuhkan usaha-usaha baru di Argomulyo. Mereka yang belum memiliki modal usaha juga bisa memanfaatkan unit Tabur Puja yang ada di koperasi. Tinggal mendaftar saja sebagai anggota,” katanya.

Dibuka sejak dua bulan lalu, Rumah Kemas Argomulyo sendiri didirikan Yayasan Damandiri untuk memfasilitasi para pelaku UMKM di Desa Argomulyo dan sekitarnya. Keberadaan unit usaha KUD Sahabat Damandiri Sejahtera ini seolah melengkapi program Desa Cerdas Mandiri Lestari yang telah berjalan sebelumnya yakni Warung Damandiri dan unit Simpan Pinjam Tabur Puja.

Selain melayani jasa pengemasan produk dan pembuatan desain kemasan, Rumah Kemas Argomulyo juga membuka jasa layanan fotokopi dan warung sembako murah bagi masyarakat. Hal ini tak lepas karena keberadaan kantor Rumah Kemas yang strategis yakni berada di kompleks Balai Desa setempat.

CerdasDamandiriDesaLestariMandiriSembakoTabur PujaUMKMYayasanYogyakarta
Comments (0)
Add Comment