TMMD Wilayah Perbatasan, TNI Beri Wawasan kepada Pelajar

Editor: Makmun Hidayat

MALINAU — Ceritakan sejarah bangsa Indonesia dari masa ke masa, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah perbatasan (Wiltas)  ke 106 memberikan wawasan kepada pelajar SMA Negeri 8, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

Dengan menceritakan sejarah bangsa, maka TNI juga memberikan wawasan tentang kesadaran berbangsa dan bernegara.

“Dalam penyuluhan itu kami ceritakan sejarah Indonesia dari masa ke masa, mulai Kerajaan Sriwijaya hingga masa Kerajaan Majapahit yang pernah mencapai puncak keemasan pada masa Pemerintahan Raja Hayam Wuruk dan Maha Patih Gajah Mada,” kata Anggota Staf Pers Kodim 0910/Malinau Lettu Inf Mappasila disela Kegiatan Penyuluhan Berbangsa dan Bernegara, Selasa (22/10/2019).

Dalam kegiatan penyuluhan itu, pemateri juga menceritakan bagaimana sejarah masa penjajahan, kebangkitan nasional, sumpah pemuda, perang merebut kemerdekaan hingga masa setelah Indonesia merdeka.

“Perjuangan para pendiri negeri ini harus kita hormati, jangan sampai sia-sia,” tegasnya.

Di akhir materinya, diapun mengajak siswa-siswi untuk lebih mengerti, memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila demi tetap tegaknya NKRI yang kita cintai bersama.

Sementara itu, dalam kegiatan TMMD kegiatan fisik juga terus berjalan di Desa Long Bisai dan Desa Respen Tubu Kecamatan Mengarang, Kabupaten Malinau, Kaltara. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bangsa IndonesiakalimantanKaltaramalinaupelajarSejarahTMMDTNIWilayah Perbatasan
Comments (0)
Add Comment