Calon Kades di Bengkayang Masuki Tahap Tes Kompetensi

PONTIANAK – Sejumlah Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) yang ada di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, hari ini memasuki tahap uji tes kompetisi.

Utamanya, untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang memiliki calon lebih dari lima orang. Karena batas maksimal calon adalah lima orang, maka uji kompetensi untuk mengerucutkan calon menjadi lima orang.

“Sehubungan dengan tingginya minat masyarakat mendaftar menjadi calon kepala desa, ada 19 desa yang pendaftarnya lebih dari lima orang. Sehingga untuk menemukan lima orang dilakukan hari ini tes kompetensi oleh panitia Pilkades,” ujar Kepala Pelaksana Tugas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Daerah Tertinggal (DPMPD2T) Bengkayang, Dodorikus, Rabu (13/11/2019).

Ia menyebut, secara umum ada 50 desa di Bengkayang yang melaksanakan Pilkades Serentak 2019. “Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak 2019 tersebut tersebar di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang,” tambahnya.

Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Bengkayang akanm digelar Kamis (19/12/2019). “Sejauh ini tahap demi tahap pelaksanaan Pilkades berjalan sebagaimana mestinya,” tandasnya.

Pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat aktif, dan berpartisipasi penuh menyukseskan Pilkades Serentak 2019. “Untuk suksesnya Pilkades tentu perlu peran semua pihak. Terpenting lagi proses Pilkades berjalan lancar dan tertib tanpa hambatan berarti. Bersama menjaga keamanan dan ketertiban. Sehingga apa yang menjadi tahapan berjalan sebagaimana mestinya. Kepada calon dan masyarakat tetap bersama menjaga Pilkades 2019 ini berkualitas,” kata dia.

Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu daerah di Kalimantan Barat yang berbatasan darat langsung dengan Sarawak, Malaysia. Terdapat 17 kecamatan yang terdiri dua kelurahan dan 122 desa. (Ant)

bengkayangKalbarpilkades
Comments (0)
Add Comment