Damandiri Gelar Lokakarya Bersama Pengurus Koperasi DCML

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Puluhan pengurus Koperasi Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia mengikuti kegiatan Lokakarya dan Rapat Kerja Perencanaan Serta Anggaran Yayasan Damandiri, bertempat di Artotel, Yogyakarta, selama tiga hari, Kamis-Sabtu (14-16/11/2019).

Dibuka Kamis siang, kegiatan hari pertama ini diisi penyampaian materi teknis pengelolaan koperasi oleh sejumlah pengurus Yayasan Damandiri.

Mulai dari Struktur SOP Modal Kita, pembahasan SOP Warung Kita, Tani Kita, Desa Kita dan Masyarakat Kita, hingga lokakarya usulan project SOP keuangan dan pelaporan, kesekretariatan dan umum, hingga pelayanan dan keanggotaan.

Bendahara Yayasan Damandiri, Siswanto Djojodisastro, saat dijumpai Cendana News, Kamis (14/11/2019) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Bendahara Yayasan Damandiri, Siswanto Djojodisastro, mengatakan, kegiatan semacam ini merupakan kegiatan rutin yang digelar Yayasan Damandiri untuk melakukan evaluasi program yang dijalankan setiap koperasi.

Dilaksanakan setiap akhir tahun, Lokakarya dan Rapat Kerja Perencanaan Serta Anggaran Yayasan Damandiri ini juga merupakan bagian pengendalian untuk mencapai sasaran/tujuan program yayasan.

“Kegiatan ini rutin kita gelar menjelang akhir tahun. Sebagai bentuk evaluasi yang telah dilakukan. Juga menjadi bagian pengendalian. Karena setiap kegiatan tanpa pengendalian akan sulit bisa capai sasaran. Yakni meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menyelesaikan persoalan kemiskinan di desa,” katanya di sela acara,” Kamis (14/11/2019).

Melalui kegiatan ini, Siswanto berharap, pihak yayasan nantinya akan dapat mengetahui kendala atau persoalan koperasi dalam menjalankan program di lapangan, untuk bisa diselesaikan atau dicari solusinya.

“Pada hari pertama ini, kita fokus untuk melakukan penyampaian dan pembahasan terkait persoalan teknis terlebih dahulu. Untuk pemaparan pengurus yayasan nantinya akan dilakukan selanjutnya,” ungkapnya.

Melalui program unggulan Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri sendiri memiliki fokus utama pemberdayaan. Yakni program ekonomi dan sosial. Program sosial terbagi menjadi bantuan hibah maupun pinjaman. Hal ini dilakukan untuk membuat setiap koperasi bisa lebih mandiri.

“Tidak semua program bantuan kita berikan dalam bentuk hibah. Melainkan pinjaman. Karena memang itu untuk melatih tanggung jawab dari pihak koperasi. Termasuk tanggung jawab dalam mengelola keuangan,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Siswanto pun berharap agar nantinya kinerja masing-masing pengurus koperasi dapat lebih meningkat. Sehingga Koperasi Desa Cerdas Mandiri Lestari benar-benar bisa mewujudkan visi dan misi Yayasan Damandiri dalam mensejahterakan warga, serta menurunkan angka kemiskinan di setiap desa.

CerdasDamandiriDesaKoperasiLestarilokakaryaMandiriPinjamanYogyakarta
Comments (0)
Add Comment