Dua BUMDes di Mukomuko Dapat Bantuan Modal Usaha

MUKOMUKO  – Dua badan usaha milik desa (BUMDes) di Kabupaten Mukomuko mendapatkan bantuan modal pengembangan usaha masing-masing Rp150 juta dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

BUMDes Mekar Mulya dan Banjar Sari mendapatkan bantuan modal untuk mengembangkan usaha penjualan sarana produksi pertanian, kata Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Perdesaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Juni Erwani, dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Kedua BUMDes tersebut, menurut dia, sudah aktif dalam melakukan berbagai aktivitas usaha termasuk menjual berbagai sarana produksi pertanian untuk petani namun kekurangan modal untuk mengembangkan usaha.

Pengurus kedua BUMDes tersebut kemudian mengajukan permohonan bantuan modal ke kementerian untuk mengembangkan usaha dan permohonan mereka disetujui.

“Bantuan dana dari pemerintah pusat ini selanjutnya masuk dalam anggaran pendapatan dan belanja desa tahun ini dan menjadi penyertaan modal untuk BUMDes,” ujar Juni.

BUMDes penerima bantuan modal pengembangan usaha, ia menjelaskan, selanjutnya berkewajiban membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan modal dari pemerintah. (Ant)

BengkuluBUMDESDesaModal
Comments (0)
Add Comment